Cool Blue Outer Glow Pointer

Minggu, 30 Juni 2013

Yang Dimaksud Dengan Teori Konspirasi?

Hello teman-teman sekalian, ini postingan pertama terdapat diblog ini.  Sebenarnya apa sih teori konspirasi...??? Ketika masyarakat ngga puas sama kenyataan yang mereka lihat,mereka cenderung membuat penjelasan-penjelasan sendiri sesuai pemikiran masing-masing. Dari situ lahirlah Teori Konspirasi,dimana meyakini bahwa suatu peristiwa ganjil pasti dilatar belakangi persengkongkolan kuat di belakangnya. Tapi harus hati-hati,karena tidak selalu apa yang kita pikirkan itu benar. ayo cekidot untuk penjelasan lebih lanjutnya
http://misteripengetahuandunia.blogspot.com/
Teori konspirasi adalah dugaan tentang konspirasi yang sebenarnya atas dasar indikasi, saat muncul kecurigaan atau adanya petunjuk. Jika teori konspirasi diperkuat oleh suatu bukti yang definitif, maka terbongkarlah konspirasi dan berakhir.
Tetapi sering bukti nyata yang definitif semacam itu tidak bisa diperoleh. Sifat khusus yang membuatnya menjadi menarik karena mengurangi kompleksitas. Berbagai penyebab kejadian yang rumit dan berlapis-lapis disederhanakan dalam bentuk kambing hitam. Fungsi teori konspirasi dalam mereduksi keterkaitannya yang rumit menjadi sederhana membuatnya menjadi alat ideal bagi propaganda dan agitasi.

Teori konspirasi sejatinya lahir dari bangunan prakonsepsi, asumsi, praduga atau bahkan imajinasi yang sudah terbangun mendahului fakta. Hal seperti ini sangat sulit untuk dipertanggungjawabkan. Menurut Dr. Syafii Anwar, teori konspirasi menjadi masalah besar ketika masuk pada tiga area.

Pertama, ketika teori konspirasi mengarah kepada apa yang disebut sebagai pharanoia within reason. Jadi, selalu ada semacam pharanoia atau ketakutan yang berlebihan yang selalu mengikut dalam akal manusia. Hal ini sesuai dengan yang disebut Freud, pencetus psikoanalis, sebagai penyebab dari mimpi, yakni ketakutan atau keinginan yang berlebihan yang selalu menekan alam bawah sadar manusia.

Kedua, teori konspirasi juga mengembangkan apa yang dalam ilmu komunikasi disebut sebagai systematically distortion of information, informasi yang didistorsi sedemikian rupa secara sistematis sehingga sulit untuk dipertanggungjawabkan. Pasti kita juga ingat pepatah yang mengatakan bahwa kebohongan yang diulang seribu kali akan menjadi sebuah kebenaran.

Ketiga, teori konspirasi juga selalu mengarah kepada terrorizing of the truth. Karena sulit dibuktikan, maka pernyataan yang berbau konspiratif justru menjadi teror bagi kebenaran.

JADI ITU LAH PENGERTIAN DARI TEORI KONSPIRASI, KEEP ENJOY YA KAWAN
m/http://misteripengetahuandunia.blogspot.com/

2 komentar:

  1. Konspirasi adalah manipulasi beberapa orang atau beberapa organisasi.
    Salam santun...

    BalasHapus
  2. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami, https://bit.ly/2x65FvF

    BalasHapus